Site Loader
Tetap Sehat di Kampus

10 Tips untuk Tetap Sehat di Kampus – Anda masih anak kuliahan dan ingin tahu bagaimana tips untuk tetap sehat di kampus? Kadang-kadang, di tengah kelas, belajar, pekerjaan rumah, rapat dan mempertahankan kehidupan sosial, mahasiswa lupa untuk menjaga kesehatan mereka.

Baca Juga: Apa Saja Makanan Sehat yang Terbaik?

Meskipun beberapa mungkin tidak berpikir mereka perlu khawatir tentang kebiasaan sehat, mengembangkan kebiasaan sehat sekarang akan membuat siswa lebih mudah untuk tetap sehat sepanjang hidup mereka. Berikut 10 tips untuk mahasiswa agar tetap sehat:

1. Makan dengan Benar

Makan makanan yang sehat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh siswa, membantu siswa untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan dapat meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan.

Kadang-kadang mungkin tampak sulit untuk makan sehat di perguruan tinggi ketika pilihan makanan Anda terdiri dari kafetaria atau restoran cepat saji, tetapi ada cara mudah untuk membuat penyesuaian dalam kebiasaan makan Anda.

Baca Juga: Manfaat dari Pola Makan Sehat

Pertama, selalu makan sarapan. Ini mungkin sulit ketika Anda bergegas keluar untuk masuk ke kelas 8 pagi itu, tetapi memakan granola bar atau pisang akan membuat Anda tidak makan terlalu banyak sepanjang hari. Juga, jangan pernah melewatkan waktu makan.

Sekali lagi, hari-hari biasa seorang mahasiswa biasanya tidak lain adalah khas, tetapi Anda selalu punya waktu untuk mengambil salad atau sandwich sehat dari ruang makan. Untuk mengidam larut malam selama semalaman, cobalah alternatif yang lebih sehat untuk makanan larut malam favorit Anda.

Misalnya, dapatkan pizza dengan kulit gandum utuh, topping sayuran, bukannya daging dan keju rendah lemak. Ngemil juga dapat menjadi cara yang bagus untuk menjaga nafsu makan Anda terkendali sepanjang hari.

Baca Juga: 15 Cara Mudah untuk Menjadi Sehat

Ngemil dapat menghentikan “pemakan tidak berpikiran panjang” dan mereka yang hanya makan untuk kenyamanan. Selalu sediakan hal-hal seperti sayur dan buah yang sudah dipotong, kacang, roti pita atau keju, sehingga Anda tidak tergoda untuk membeli makanan ringan yang tidak sehat.

Jika tidak ada yang lain, ingatlah tiga hal ini ketika memilih makanan: moderasi, variasi, dan keseimbangan. Cobalah menjaga keseimbangan antara susu, biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan protein setiap hari.

2. Berolahraga

Menyesuaikan olahraga dengan jadwal kuliah yang sibuk bisa jadi sulit, tetapi sebagian besar kampus memudahkan siswa untuk berolahraga. Salah satu cara termudah untuk berolahraga adalah berjalan ke kelas. Bergantung pada jadwal kelas Anda, ini bisa menambah dari 20 menit hingga satu jam latihan setiap hari.

Baca Juga: Obat yang Tidak Aman

Sebagian besar perguruan tinggi menawarkan kelas kebugaran fisik dan program olahraga intramural, jadi manfaatkan ini untuk cara yang menyenangkan untuk berolahraga.

Juga, sebagian besar perguruan tinggi menawarkan keanggotaan secara gratis atau dengan pengurangan harga untuk gym. Ini jelas merupakan kesempatan baik yang akan berakhir setelah lulus, jadi manfaatkan ini sekarang.

3. Tidur yang cukup

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk melakukan begadang untuk belajar untuk ujian atau tetap keluar sampai jam 3 pagi berpesta dengan teman-teman, pastikan Anda tidak menjadikannya kebiasaan. Kurang tidur dapat menyebabkan berkurangnya fungsi otak, kelelahan, sakit kepala, dan penurunan berat badan.

Baca Juga: Memilih Pengobatan untuk Flu yang Benar

Mahasiswa membutuhkan antara tujuh dan sembilan jam tidur dan mendapatkan jumlah ini dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Untuk tetap beristirahat sepanjang hari, cobalah tidur siang singkat di siang hari, cobalah untuk tetap pada jadwal, cobalah untuk menjaga kamar Anda gelap dan tenang sebelum tidur dan menghindari minum kafein, makan dan minum tepat sebelum tidur.

4. Cuci tangan Anda

Dengan musim flu yang hampir tiba, mencuci tangan Anda bisa menjadi penyelamat bagi mahasiswa yang tidak dapat melewatkan kelas karena flu. Mahasiswa selalu berhubungan dekat dengan orang lain: melalui kelas, situasi hidup dengan teman sekamar, berjalan di sekitar kampus, dan sangat mudah untuk terserang pilek atau virus.

Baca Juga: 29 Makanan Ringan yang Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Penelitian telah menunjukkan bahwa mencuci tangan sederhana dapat membantu mencegah sejumlah besar penyakit. Cuci tangan sebelum makan, kapan saja Anda menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda, atau jika Anda berada di sekitar orang lain yang sakit.

5. Jangan merokok

Setiap orang telah mendengar banyak risiko yang mengancam jiwa akibat merokok, dan bahkan merokok sesekali masih dapat menempatkan Anda pada risiko penyakit seperti kanker paru-paru, penyakit jantung, dan emfisema. Bagi mereka yang ingin berhenti, periksa pusat kesehatan siswa Anda untuk mengetahui program yang dapat membantu Anda.

6. Hindari kafein dan minuman manis

Meskipun minuman berkafein seperti soda dan minuman berenergi dapat bermanfaat saat mempelajari atau mengerjakan pekerjaan rumah larut malam, mereka pada akhirnya berbahaya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Batuk: Tips Perawatan Batuk Kering

Kombinasi kafein dan gula dalam minuman ini menyebabkan Anda jatuh sakit dan merasa tidak enak kemudian. Jika Anda membutuhkan tambahan energi, cobalah mengonsumsi makanan tinggi protein, makanan tinggi serat.

7. Dapatkan vaksinasi flu

Ini adalah salah satu cara termudah untuk menghindari flu dan tetap sehat sepanjang musim dingin. Banyak perguruan tinggi menawarkan vaksinasi flu dan melakukannya dengan harga lebih murah, biasanya di bawah $25.

Baca Juga: Beberapa Manfaat Menakjubkan dari Buah Kurma

Meskipun mungkin masih mahal bagi mereka dengan budget yang sedikit, mendapatkan vaksinasi sekarang akan jauh lebih baik dan lebih murah dalam jangka panjang daripada terkena flu nanti.

8. Minum banyak air

Tetap terhidrasi dapat membantu Anda untuk berkonsentrasi dan mencegah Anda makan berlebihan. Ini juga mengisi kembali tubuh Anda dan memberi Anda lebih banyak energi sepanjang hari.

Selalu pilih air daripada soda, dan bawa air saat anda berjalan ke kelas. Juga, untuk mengurangi biaya, belilah teko penyaringan air dan botol air yang dapat digunakan kembali alih-alih air kemasan plastik.

9. Bersantai

Mahasiswa biasanya cukup tertekan dengan kelas dan ujian, tetapi bersantai dan memiliki waktu istirahat sangat penting untuk tetap sehat. Stres dapat menyebabkan banyak masalah dan terlalu rusak dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

Cara termudah untuk bersantai adalah dengan membuat rutinitas dan memberi diri Anda istirahat teratur. Juga, pastikan Anda meluangkan waktu untuk bergaul dengan teman-teman dan mengurangi stres dengan membaca buku, menonton acara televisi favorit Anda atau mengikuti hobi.

10. Kenakan tabir surya dan hindari tanning

Dengan liburan musim semi kurang dari enam bulan, ribuan mahasiswa akan mencapai pantai. Meskipun menghabiskan sedikit waktu di bawah sinar matahari tidak selalu merupakan hal yang buruk, pastikan Anda melindungi diri sendiri.

Kenakan tabir surya setiap hari, terutama ketika Anda tahu Anda akan terkena sinar matahari, dan pastikan untuk menggunakan kembali tabir surya setiap dua hingga tiga jam untuk memastikan Anda akan terlindungi. Juga, hindari tempat tidur tanning berapapun harganya.

Meskipun Anda mungkin ingin memperpanjang hasil tanning musim panas Anda sampai musim dingin, tidak sepadan dengan risiko kanker kulit yang Anda dapat. Dengan semua fasilitas tanning tanpa matahari di luar sana hari ini, Anda masih bisa menjaga cahaya musim panas Anda tanpa menempatkan diri Anda pada risiko.

Brian Turner