Site Loader
Cara Mudah untuk Menjadi Sehat

15 Cara Mudah untuk Menjadi Sehat – Terdapat beberapa cara mudah untuk menjadi sehat. Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa kunci untuk kesehatan yang baik seumur hidup adalah apa yang para ahli sebut “obat gaya hidup”, membuat perubahan sederhana dalam diet, olahraga, dan manajemen stres. Untuk membantu Anda mengubah pengetahuan itu menjadi hasil, kami telah menyusun daftar saran kesehatan dan kesejahteraan yang dapat dikelola ini.

Baca Juga: Apa Saja Makanan Sehat yang Terbaik?

Kami meminta tiga ahli, seorang dokter naturopati, seorang ahli diet, dan seorang pelatih pribadi, untuk memberi tahu kami lima perubahan gaya hidup sederhana namun penting yang mereka rekomendasikan.

Selain memberikan tiga pilihan berbeda tentang cara memilih pertarungan untuk kesehatan Anda, daftar ini memberi Anda pilihan yang bisa Anda buat tanpa harus membawa Anda ke reality show peternakan lemak, atau membeli freezer kedua untuk makanan beku dengan kalori terkontrol yang belum dibagi ke beberapa porsi.

JAMES ROUSE, N.D.

DOKTER NATUROPATHIC, ATLET TRIATHLON, CHEF, PENULIS DAN HOST DARI PROGRAM TV “OPTIMUM WELLNESS,” ACARA TIPS KESEHATAN DI CHANNEL NBC DI BEBERAPA KOTA BESAR.

Baca Juga: Manfaat dari Pola Makan Sehat

1. BERPIKIR POSITIF DAN FOKUS PADA RASA SYUKUR

Penelitian menunjukkan sikap positif yang sehat membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih sehat dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Tubuh Anda mempercayai apa yang Anda pikirkan, jadi fokuslah pada hal positif.

2. MAKAN SAYURAN

Makanlah lima porsi sayuran sehari – mentah, dikukus, atau digoreng. Diet tinggi sayuran telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker paru-paru, usus besar, payudara, leher rahim, kerongkongan, perut, kandung kemih, pankreas, dan ovarium.

Baca Juga: Obat yang Tidak Aman

Dan banyaknya fitonutrien yang paling kuat dimiliki oleh sayuran dengan warna paling mencolok – seperti brokoli, kol, wortel, tomat, anggur, dan sayuran hijau.

3. SIAPKAN DAFTAR “5 ASUPAN IDEAL”

Apa, kapan, dan berapa banyak yang Anda makan dapat menjaga metabolisme dan tingkat energi Anda untuk terus meningkat, sehingga Anda akan memiliki lebih banyak energi sepanjang hari. “5 asupan ideal” akan membantu Anda mengatur berat badan, tetap tenang, mempertahankan fokus, dan menghindari ngidam.

4. OLAHRAGA SETIAP HARI

Tahukah Anda bahwa olahraga sehari-hari dapat mengurangi semua tanda biologis untuk penuaan? Ini termasuk meningkatkan penglihatan, menormalkan tekanan darah, meningkatkan otot, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan kepadatan tulang.

Jika Anda ingin hidup dengan baik dan hidup lebih lama, Anda harus berolahraga! Penelitian menunjukkan bahwa bahkan sepuluh menit berolahraga membuat perbedaan, jadi lakukan sesuatu! Putar stereo dan menari di ruang tamu Anda.

Baca Juga: Memilih Pengobatan untuk Flu yang Benar

Mendaftar untuk kelas menari dansa ballroom. Berjalanlah ke taman bersama anak-anak Anda atau tetangga yang ingin Anda kejar. Lompat tali atau mainkan hopscotch. Putar hula hoop. Mainkan bola voli air. Bersepeda ke tempat kerja. Lompat trampolin. Pergi untuk mendaki.

5. DAPATKAN TIDUR MALAM YANG BAIK

Jika Anda sulit tidur, cobalah teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga. Atau makan camilan kecil sebelum tidur yang ditunjukkan untuk membantu menggeser tubuh dan pikiran ke mode tidur: sereal gandum utuh dengan susu, oatmeal, ceri, atau teh chamomile.

Gelapkan kamar Anda lebih banyak dan putar jam Anda dari Anda. Tuliskan kekhawatiran atau pikiran stres untuk mengeluarkannya dari kepala Anda dan masuk ke halaman. Ini akan membantu Anda menempatkan mereka dalam perspektif sehingga Anda dapat berhenti mengkhawatirkan mereka.

Baca Juga: 29 Makanan Ringan yang Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

CHRISTINA REITER, M.S., R.D.

KONSULTAN DIET DI UNIVERSITY OF COLORADO–BOULDER WARDENBURG HEALTH CENTER FOR NUTRITION EDUCATION AND THERAPIES DAN MANTAN DIREKTUR PROGRAM NUTRISI DI METROPOLITAN STATE COLLEGE OF DENVER.

1. PERIKSA MENU MAKANAN ANDA

Apa yang kita makan dan bagaimana perasaan kita dihubungkan dengan cara yang sangat kompleks. Pendekatan yang sehat untuk makan berpusat pada menikmati rasa, makan untuk kepuasan, dan meningkatkan energi, daripada berfokus pada berat badan.

Periksa keseimbangan dari makanan rendah kalori, makanan padat nutrisi (menyediakan banyak nutrisi per kalori), dan makanan yang padat kalori tetapi miskin nutrisi yang Anda konsumsi. Kebanyakan orang Amerika perlu makan lebih banyak makanan utuh yang segar (berbeda dengan makanan olahan, yang sangat halus).

Baca Juga: 10 Tips untuk Tetap Sehat di Kampus

Cobalah menambahkan lebih banyak biji-bijian utuh, buah-buahan dan sayuran segar, dan kacang-kacangan ke dalam makanan Anda. Pasangkan makanan kaya karbohidrat ini dengan lemak sehat atau protein tanpa lemak untuk memperpanjang kepuasan.

2. MAKAN SEPERTI ANAK KECIL

Jika menambahkan lebih banyak buah dan sayuran terdengar tidak menyenangkan, lihat versi “makanan jari” yang disukai anak-anak prasekolah, wortel dan seledri, tomat ceri, kuntum brokoli, anggur, beri, dan buah kering. Semuanya adalah pembangkit tenaga nutrisi yang dikemas dengan antioksidan.

3. JADILAH ORANG YANG CUKUP MEMILIH-MILIH MAKAN

Batasi lemak jenuh dan lemak trans, dan bertujuan untuk makan lebih banyak makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 anti-inflamasi untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan bahkan mungkin memperbaiki suasana hati yang depresi.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Batuk: Tips Perawatan Batuk Kering

Direkomendasikan hanya setara dengan satu gram EPA/DHA (asam eicosapentaenoic/docosahexaenoic) setiap hari. Makan ikan air dingin yang berminyak (salmon liar, herring, sarden, trout) dua hingga tiga kali per minggu akan memberikan EPA dan DHA. Menambahkan dua sendok makan biji rami dan makan daging, susu, dan keju dari hewan yang diberi makan rumput akan memberi Anda dosis omega-3 yang sehat.

4. KONSUMSI MAKANAN DARIPADA SUPLEMEN MAKANAN

Suplemen bukan pengganti makanan yang baik. Meskipun banyak ahli kesehatan merekomendasikan untuk mengkonsumsi suplemen multivitamin dan mineral yang menyediakan 100 hingga 200 persen dari nilai harian yang Anda rekomendasikan, masing-masing dan setiap suplemen harus dievaluasi secara hati-hati untuk kemurnian dan keamanannya.

Baca Juga: Beberapa Manfaat Menakjubkan dari Buah Kurma

Suplemen spesifik telah dikaitkan dengan toksisitas, reaksi dengan obat-obatan, persaingan dengan nutrisi lain, dan bahkan peningkatan risiko penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

5. DAPATKAN KEPUASAN

Baik makan maupun aktivitas fisik adalah pengalaman sensoris yang menyenangkan! Keduanya bertujuan untuk kesenangan, bukan rasa sakit.

Perhatikan nilai gizi dari makanan yang Anda pilih untuk Anda makan, juga rasa kepuasan, relaksasi, ketegangan, kegembiraan, dan kelelahan saat Anda duduk untuk makan. Periksa diri Anda saat Anda makan, ingat kembali pengenalan Anda tentang kelaparan, kepenuhan, dan kepuasan ketika mempertimbangkan kapan dan berapa banyak makan.

RICK OLDERMAN, M.S., P.T.

AHLI TERAPI FISIK DAN PEMILIK DARI Z-LINE TRAINING DI DENVER, COLORADO, MENAWARKAN REHABILITASI, PERSONAL TRAINING, KELAS PILATES, SEMINAR PENCEGAHAN CEDERA YANG MOTIVASIONAL, PROGRAM KEBUGARAN KARYAWAN, DAN CUSTOM FOOT ORTHOTICS CASTING.

1. MEMBERIKAN DIRI ANDA ISTIRAHAT

Saya menghabiskan banyak waktu melakukan kardio dan sepertinya tidak pernah kehilangan sepuluh pound terakhir itu!’ Adalah keluhan umum yang saya dengar dari klien. Beri diri Anda izin untuk mempersingkat latihan Anda. Percaya atau tidak, overtraining bisa menjadi masalah.

Tubuh Anda dapat mengalami peningkatan jika tidak diberikan istirahat yang cukup untuk memulihkan diri, yang pada akhirnya menyebabkan penurunan kinerja. Kelelahan, kemurungan, kurangnya antusiasme, depresi, dan peningkatan kortisol (hormon ‘stres’) adalah beberapa ciri dari sindrom overtraining.

Membuat program periodisasi, memecah rutin Anda menjadi berbagai mode pelatihan, dapat membantu mencegah overtraining dengan membangun fase istirahat ke dalam rejimen Anda.

Misalnya, Anda dapat melakukan latihan beban pada hari Senin dan Rabu, bersepeda pada hari Selasa dan Kamis, berlari pada hari Jumat dan beristirahat pada hari Sabtu dan Minggu. Anda juga dapat membantu menyeimbangkan program Anda dengan hanya memasukkan lebih banyak variasi.

2. BERPIKIR SEDIKIT

Seringkali penghambat terbesar untuk meningkatkan kesehatan adalah merasa kewalahan dengan semua saran dan penelitian yang tersedia. Cobalah untuk fokus dulu pada satu kebiasaan kecil, yang tampaknya tidak penting, tidak sehat dan mengubahnya menjadi kebiasaan yang sehat dan positif.

Jika Anda terbiasa makan segera setelah tiba di rumah pada malam hari, tetap gunakan sepatu berjalan di garasi atau pintu masuk dan putar cepat di sekitar blok sebelum masuk. Jika Anda memiliki sekaleng soda saat makan siang setiap hari, minumlah segelas air dua hari seminggu sebagai gantinya.

Dimulai dengan perubahan kecil tanpa rasa sakit membantu membentuk mentalitas bahwa perubahan yang sehat tidak selalu merupakan perubahan yang menyakitkan. Mudah dibangun dari sini dengan menambahkan lebih banyak pengganti yang sehat.

3. JAGA HUBUNGAN YANG BAIK

Anda dapat melakukan semua hal yang benar, tetapi jika Anda memiliki hubungan pribadi dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan tidak sehat, itu seringkali merupakan perjuangan berat. Orang yang paling sehat adalah mereka yang memiliki hubungan dengan orang sehat lainnya.

Libatkan keluarga atau teman Anda saat berjalan atau merencanakan makanan yang lebih sehat. Membuat perubahan yang sehat dengan orang yang dicintai dapat membawa Anda lebih dekat bersama sekaligus memotivasi Anda.

4. BUATLAH JADWAL… DAN PERIKSA DUA KALI

Luangkan beberapa menit dan tuliskan semua alasan Anda tidak dapat memulai program olahraga. Kemudian lihat dasar dari masing-masing alasan. Misalnya, jika Anda menulis, ‘tidak ada waktu’ sebagai salah satu alasan Anda, maka mungkin itu didasarkan pada keyakinan bahwa sebuah program latihan membutuhkan banyak waktu.

Mulai dengan lima menit sehari saja akan memiliki efek positif karena Anda akan menciptakan kebiasaan sehat di tempat yang sebelumnya tidak pernah ada, dan itu adalah penyesuaian mental yang kuat. Melihat lebih dekat pada daftar Anda akan mengekspos keyakinan salah yang bersembunyi di balik setiap alasan.

5. MENDAFTAR UNTUK ACARA

Mari kita hadapi itu, berolahraga hanya demi berolahraga atau menurunkan berat badan bisa membosankan. Tambahkan hal-hal dengan mendaftar untuk acara seperti lomba lari/jalan cepat atau bersepeda di mana Anda bisa menjadi bagian dari tim.

Melakukan hal itu memberi olahraga yang Anda lakukan tujuan baru, dan menyenangkan berada di sekitar orang lain yang berolahraga seperti Anda, belum lagi bahwa sebagian besar acara bermanfaat bagi organisasi non-profit, yang dapat menggandakan perasaan senang Anda.

Brian Turner